Halaman

Rabu, 08 Februari 2012

Pasarku penuh dengan sampah, dimana peran sanitarian?

Kotaku yang bersih dengan tata wilayah yang rapi sangat berbeda dengan kondisi tempat ini. Banyaknya supermarket yang megah membuat orang melupakannya. Tempat dimana para penjual dan pembeli melakukan transaksi yang dulunya menjadi tujuan para ibu rumah tangga.
Pasar tradisonal..
Kini menjadi tak tertata lagi, banyak orang mengabaikannya. Jual beli yang menghasilkan benda dan barang yang tak lagi layak guna membuat pasar menjadi penghasil sampah. Tempat sampah menjadi barang yang sepele, yang tidak difikirkan keberadaannya.Pembuangan sampah yang sembarangan membuat pasar menjadi kotor dan bau.  Dampaknya pun banyak lalat yang berkembang biak dalam tumpukan sampah itu.

Dimanakah peran kita sebagai sanitarian?
Seorang sanitarian seharusnya ada di setiap kota secara merata, guna pengawasan dan pemantauan wilayah tugasnya. Seperti halnya pengawasan sanitasi pasar yang harus diprioritaskan. Penilaian wilayah pasar sebagai salah satu tempat-tempat umum berfungsi untuk mendapatkan hasil komponen yang perlu dilakukan perbaikan. Sehingga denggan adanya penilaian tersebut dapat meningkatkan kesehatan lingkungan di pasar. Lingkungan yang bersih dengan penanganan sampah yang baik dapat mewujudkan kondisi yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Cari Blog Ini