Halaman

Rabu, 22 Februari 2012

Berkarya dengan Sampah, Dari Kulit Telur Menjadi Rupiah


Telur adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Masyarakat banyak mengkonsumsi telur untuk makanan sehari-hari sehingga limbah kulit telur juga banyak. Meningkatnya permintaan telur di masyarakat menyebabkan peningkatan limbah kulit telur. 
Saat ini limbah kulit telur banyak yang di buang ke Tempat pembuangan Akhir (TPA). Pembuangan di TPA tersebut banyak meresahkan warga utamanya para pemulung sampah. Selain itu TPA tidak ingin kulit telur yang kaya akan protein itu mendatangkan cacing, tikus dan vektor lainnya sehingga menjadi masalah kesehatan masyarakat.
Limbah kulit telur yang kurang dimanfaatkan ini dapat digunakan untuk bahan kreativitas dalam pembuatan handicraft. Kulit telur ini digunakan untuk melapisi gerabah sehingga tampak bagus. Dibentuk motif-motif cantik dari kulit telur ini sehingga dapat memperindah hasil handicraft.
Pembuatan handicraft ini bermanfaat dalam membuka peluang pekerjaan untuk masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian selain dapat mengurangi limbah kulit telur yang mengendalikan vektor penyakit di TPA, tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian secara perlahan untuk mengurangi pengangguran.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Cari Blog Ini