Halaman

Minggu, 21 Oktober 2012

Bahaya Kesehatan Dibalik Kelezatan Mie Soun



 
Mie soun adalah sejenis makanan yang mempunyai tampilan seperti tali senar raket tenis, merupakan bagian terpenting dari berbagai makanan seperti bakso, soto, resoles, bakwan. soup, dan beberapa jenis makanan lainnya. Soun merupakan produk pangan yang mempunyai bentuk hampir sama dengan mie yang menyerupai benang atau tali senar. Bahan baku pengolahan berasal dari aci sagu. 

Pengolahan soun terdiri dari pencucian bahan baku, pemasakan, pencetakan, dan pengeringan. Pencucian bahan baku mempunyai fungsi menghilangkan kotoran-kotoran seperti partikel non tepung, dan asam organik. Pencucian dilakukan dengan cara menambahkan air ke dalam aci sagu  yang ditempatkan di dalam bak kemudian diremas-remas, dan diendapkan.

Proses pencucian aci sagu
Pencucian aci sagu menggunakan penambahan kaporit agar aci sagu dapat lebih putih. Penggunaan kaporit ini tidak melalui takaran yang sesuai karena hanya bertujuan untuk membuat mie tampil lebih bersih tanpa memperhatikan dampak pada kesehatan konsumen. 

Proses Pencetakan

Proses Penjemuran

Dari berbagai studi, ternyata orang yang mengkonsumsi klorin memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena kanker kandung kemih, dubur ataupun usus besar. Sedangkan bagi wanita hamil dapat menyebabkan melahirkan bayi cacat dengan kelainan otak atau urat saraf tulang belakang, berat bayi lahir rendah, kelahiran prematur atau bahkan dapat mengalami keguguran kandungan. Selain itu pada hasil studi efek klorin pada binatang ditemukan pula kemungkinan kerusakan ginjal dan hati.

Nah, teman-teman sekarang tahu kan mie soun yang sering kita konsumsi ternyata berbahaya bagi kesehatan? Mulai sekarang kurangi konsumsi mie soun, dan juga banyak minum air putih ya!
Mie Soun

5 komentar:

  1. Artikel menyesatkan. Gak takut dosa mba? Kasihan pengusaha yg bener2 bersih tanpa kaporit, tapi yg ditulis mie soun yg berbahaya.

    BalasHapus
  2. Emang, ini yang nulis tolol. Bilang gitu emang ada uji labnya? Ada sumbernya? Keliatan banget gak suka bakso indo.

    BalasHapus
  3. Kl mie soun gk layak di konsumsi np smpai mlm ini msi saja dijual ?
    Lagian sejak umur sy 6 taon udah sering konsumsi mie soun tpi gk pa2 kok..... 😊👍

    BalasHapus
  4. Untuk sekedar info saja, tapi maaf saya sendiri jadi ingin cari tau bagaimana proses pembuatannya karena tadi saya tidak sengaja lewat daerah penghasilnya, dan memang kebersihannya kurang diperhatikan, kemudian baru saya mencari artikel cara membuatnya sekarang setelah sampai rumah, namun maaf tapi sejauh ini yang saya lihat berkaca dari tempat-tempat pembuatan di daerah itu memang faktanya seperti itu, tetapi mungkin untuk daerah lain bisa jadi tidak seperti itu, maaf dan terima kasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Cari Blog Ini