Halaman

Jumat, 23 September 2011

Epidemiologi

1.   Pengertian :
Istilah epidemiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu epi yang berarti diatas, demos yang berarti masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Jadi epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang terjadi didalam masyarakat.
Dalam melakukan penyelidikan secara epidemiologi perlu diketahui dasar-dasar pendekatan lebih dulu, yeitu darimana penyelidikan tersebut akan dimulai.
Epidemiologi merupakan cabang ilmu kesehatan untuk menganalisis sifat dan penyebaran berbagai masalah kesehatan dalam suatu penduduk tertentu serta mempelajari  sebab timbulnya masalah.
2.  Definisi  :
Epidemiologi adalah studi tentang distribusi dan faktor – faktor yang menentukan keadaan yang berhubungan  dengan kesehatan atau kejadian – kejadian pada kelompok penduduk tertentu
            Persamaan dari berbagai definisi adalah tentang kajian di bidang kesehatan, sasaran/ target.
            Persamaan – persamaan prinsip ini adalah :
a.       Epidemiologi selalau menyangkut studi dari kelompok penduduk
b.      Epidemiologi selalu membandingkan satu kelompok dengan kelompok lainnya
c.       Epidemiologi menyangkut penduduk dalam kelompok yang sama, yang mempunyai karakteristik dan tidak mempunyai karakteristik
 3. Tujuannya :
Pencegahan maupun penanggulangan masalah tersebut
  1. Peranan Epidemiologi dalam Kesehatan Masyarakat
a.  Menerangkan tentang besarnya masalah dan gangguan kesehatan (termasuk penyakit) serta penyebarnnya dalam suatu penduduk tertentu
b.   Menyiapkan data/ informasi yang esensial untuk keperluan perencanaan, pelaksanaan program serta evaluasi berbagai kegiatan pelayanan pada masyarakat, baik yang bersifat pencegahan dan penanggulangan penyakit maupun bentuk lainnya serta menentukan skala prioritas terhadap kegiatan tersebut.
c.     Mengidentifikasi berbagai faktor yang menjadi penyebab masalah atau faktor yang berhubungan dengan terjadinya masalah tersebut.
Nasri Noor (1996) Dasar – Dasar Epidemiologi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Cari Blog Ini