Halaman

Jumat, 23 September 2011

Dasar Kesehatan Lingkungan


Kesehatan lingkungan sebagai suatu ilmu dan ketrampilan yang memusatkan perhatiannya pada usaha pengendalian semua faktor yang ada pada lingkungan fisik manusia yang diperkirakan menimbulkan atau akan menimbulkan hal-hal yang merugikan perkembangan fisiknya, kesehatannya ataupun kelangsungan hidupnya (WHO).
 
Higiene adalah usaha kesehatan masyarakat yang mempelajari kondisi lingkungan terhadap kesehatan manusia, timbulnya penyakit karena pengaruh lingkungan kesehatan tersebut, serta membuat kondisi lingkungan sedemikian rupa sehingga terjamin pemeliharaan kesehatan. Upaya higiene adalah melindungi, memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan manusia (perseorangan ataupun masyarakat), sedemikian rupa sehingga berbagai faktor lingkungan yang tidak menguntungkan tersebut tidak sampai menimbulkan gangguan terhadap kesehatan.
Sanitasi adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap pelbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Lebih mengutamakan usaha pencegahan terhadap berbagai faktor lingkungan, sedemikian rupa sehingga munculnya penyakit dapat dihindari.  
 
Perbedaan higiene dan sanitasi
Hygiene lebih mengarahkan aktivitasnya kepada manusia (individu ataupun masyarakat),
Sanitasi lebih menitikberatkan pada faktor-faktor lingkungan hidup manusia.
 
Ruang lingkup kesehatan lingkungan (WHO) :
1. Masalah air .
2. Masalah barang/benda sisa/bekas seperti air limbah, sampah, tinja.
3. Masalah makanan dan minuman.
4. Masalah perumahan dan bangunan.
5. Masalah pencemaran terhadap udara, tanah dan air.
6. Masalah pengawasan arthropoda dan rodentia.
7. Masalah kesehatan kerja.
  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Cari Blog Ini