Halaman

Jumat, 28 Oktober 2011

Setetes air berharga bagi mereka, warga Panggang Gunungkidul



Minggu, 9 Oktober 2011 kami mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang diwakili oleh BEM JKL dan sebagian mahasiswa D4 melakukan bakti sosial ke kecamatan Panggang, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.
Daerah pegunungan yang kering dan transportasi sulit untuk datang ke tempat ini, jalan yang berliku dan naik turun membuat perjalanan kami menghabiskan waktu 3 jam dari kota Yogyakarta Di sepanjang perjalanan diselimuti pohon-pohon tinggi yang keringda ntanah dari bebatuan.
Petani adalah mata pencaharian sebagian besar warga panggang, bekerja penuh seharian dari pagi hingga sore. Sehingga sangatlah susah kami dari BEM JKL untuk bertemu dengan warga Panggang ini kecuali ibu rumah tangga yang tidak bekerja di kebun. Tidak ada sumber air bersih lain yang bisa mereka dapatkan saat musim hujankecuali dengan Penampungan Air Hujan (PAH). Bagaimanakan apabila musim kemarau?

Satu truk tangki air sangat berharga untuk mereka walaupun harus dibagi merata untuk beberapa kepala keluarga dalam satu desa. Kerukunan, saling menghormati, dan saling menerima itulah prinsip mereka, warga Panggang, Gunung Kidul. Kami salut kepada mereka, air adalah kebutuhan pokok manusia, kebutuhan utama yg sangat penting dibandingkan dengan yang lain. Bayangkan saja, cuci muka, sikat gigi, mandi, masak, semua kegiatan membutuhkan air.
Selama ini kita yang mendapatkan air berlimpah menggunakannya dengan boros dan membuang air begitu saja, bahkan untuk menutup kran air pun malas. Andaikan saja suatu ketika kita kekurangan air seperti yang dialami warga Panggang, apakah kebiasaan itu masih kita lakukan dan kita Cuma mengeluh?
Oleh karena itu manfaatkan setetes air! Hemat dala, pemakaian dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.
Sebagai tugas kita, calon ahli kesehatan lingkungan, tidak ada salahnya mencari pemecahan masalah untuk Penyediaan Air Bersih di daerah kekeringan.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

Cari Blog Ini